Jumat, Juli 04, 2008

Salah satu situs yang mewadahi konsumen Indonesia menyampaikan pendapatnya

Dear Rekans,

Tulisan di bawah saya tulis di tahun 2002. Saat ini banyaknya member jelas sudah meningkat.
Btw, saya sendiri baru sempat login lagi hari ini, setelah beberapa tahun idle di situs tersebut..
karena belakangan ini saya lebih banyak aktif di milis".. :-p

FYI, PintuNetters juga memiliki milis di yahoogroups yakni 'pintunet':

http://groups.yahoo.com/group/pintunet/

Kalau sempat, silahkan bergabung dan kita kuatkan posisi konsumen di negara ini. :D
Kalau tidak sempat, ya diusahakanlah.. :-p

Wassalam,

Irwan.K

----------
http://www.pintunet.com/lihat_opini.php?pg=2002/01/11012002/7937

Ditulis di JAKARTA TIMUR, pada tanggal 11.01.2002 11:13
PintuNet.com: Eksistensinya di mata Konsumen dan Produsen

Assalaamu 'alaikum wr, wb.

Pertama kali saya mendengar nama situs PintuNet.com ini dari acara yang membahas perkembangan
Teknologi Informasi (e-LifeStyle - yang di asuh Mas Roy Suryo) di stasiun televisi MetroTV; sayang
saya lupa tanggal persisnya acara tersebut. Sejak itu saya mulai tertarik untuk mencoba melihat/
masuk ke situs ini.Sebetulnya saya sudah berniat untuk mendaftar sebagai anggota PintuNet.com
(PintuNetters).

Namun karena kesibukan aktifitas pekerjaan sehari-hari, awalnya saya hanya melihat-lihat saja.
Saya baru bergabung menjadi anggota di PintuNet.com ini kira-kira di bulan Juni. Alhamdulillah,
tidak terasa, 11 Januari 2002 yang lalu sudah genap 7 bulan.Awalnya setelah saya mendapat
informasi singkat dari acara televisi tersebut, muncul gambaran di benak saya harapan yang
'muluk', bahwa situs ini akan menjadi pembela para konsumen.

Situs ini akan menempatkan dirinya sebagai salah satu 'ujung tombak' kepentingan para konsumen;
yang selama ini senantiasa dianggap hanya pasrah saja menerima apa yang dibuat/diberikan para
produsen (barang, jasa, hiburan, dll).Tapi nampaknya harapan semacam itu (minimal sampai saat
tulisan ini dibuat) masih cukup jauh dari kenyataan. Mungkin butuh waktu beberapa tahun lagi
menuju ke sana; apalagi bila keberadaan situs ini sendiri kurang diperkenalkan pada semua kalangan.

Saat ini kelihatannya PintuNet.com bisa dibilang masih terlalu 'elitis'; karena ia baru dikenal oleh
kalangan terbatas.Sebagai indikasinya dapat kita lihat dari banyaknya anggota (lewat link Komunitas
di halaman awal situs ini) yang ternyata masih berada di bawah level 1000-an.Ini jelas masih jauh
di bawah jumlah pengguna internet di Indonesia; belum lagi kalau kita bandingkan dengan banyaknya
penduduk di negara kita ini. ;-)

BTW, yang sudah berhasil dicapai situs PintuNet.com saat ini adalah menempatkan dirinya sebagai
wadah bagi orang-orang (para konsumen) 'curhat' menumpahkan unek-unek maupun kepuasan
mereka atas pengalaman menggunakan/mengenal suatu produk.Selain itu, situs PintuNet.com ini
juga memberi dan kesempatan dan dorongan yang luas bagi mereka yang ingin menyampaikan
pendapat (baik secara lisan maupun tulisan); namun selama ini belum mendapatkannya melalui
media-media yang sudah ada (mis: melalui acara talkshow di televisi dan radio maupun surat/
pojok pembaca di surat kabar dan majalah).

Meski begitu, dalam perjalanannya situs ini sendiri bukan tanpa halangan. Beberapa kejadian (silang
pendapat) yang menyangkut keberadaan situs dan para anggotanya, hendaknya menjadikan semua
pihak lebih terbuka dan saling mengerti. Tentu saja kalau semua pihak menginginkan suatu keadaan
yang lebih baik dan harapan akan adanya saluran keluhan dan saran dari para konsumen bagi produsen.

Sebagai penutup, mungkin ada baiknya keberadaan situs PintuNet.com ini di masa yang akan datang
dapat menjadi salah satu mitra OrNoP (Organisasi Non Pemerintah) / LSM (Lembaga Swadaya
Masyarakat) pembela para konsumen yang lain, yang sudah ada (mis: seperti YLKI (Yayasan Lembaga
Konsumen Indonesia) -- dengan segala kelebihan dan kekurangannya) dalam penegakan dan
pemasyarakatan (sosialisasi) UU yang berkenaan dengan Perlindungan hak-hak Konsumen secara
proporsional.

Malah kalau bisa PintuNet.com dan para anggotanya menjadi salah satu komunitas yang berhak mengaku/
mewakili para konsumen secara umum dan resmi (misalnya dalam 'Class Action' atas suatu permasalahan
mengenai hak-hak konsumen).

Bravo Konsumen Indonesia!..

CMIIW (Correct Me If I am Wrong).

Wassalaamu 'alaikum wr, wb.

Tidak ada komentar: