Rabu, Desember 19, 2012

Sejarah gelar #KsatriaSalibAgung yang diberikan kepada PakSus (dari Enggres)

[Opini ini pertama kali ditulis pada: 19 Desember 2012, 18:00 WIB]
[Opini ini direvisi pada: ]

Sedikit upaya menterjemahkan tulisan dari situs resmi kerajaan Enggres yang membahas mengenai 'Orde Bath', yakni gelar/penghargaan yang diberikan #RatuEnggres beberapa waktu lalu.
Semoga berguna memberikan sedikit gambaran mengenai sejarah dari penghargaan tersebut. Mengenai kaitannya dengan perkembangan terkini mudah-mudahan dapat dilengkapi secepatnya. :D

Wassalam,

============

Orde Bath (Di-Mandi-kan/Baptis)

The Order of Bath (Orde di-Mandi-kan/Baptis) terutama diberikan kepada petugas Angkatan Bersenjata, serta sejumlah kecil pegawai negeri.

Jumlah penerima dapat meningkat pada saat perang atau dalam even militer atau sipil atau layanan yang memberi ‘kehormatan khusus atau hadiah’.

Pada tahun 1971 wanita baru masuk ke Orde untuk pertama kalinya.

Sekarang, Orde ini terdiri dari Sovereign (Ratu), Master Besar (The Prince of Wales) dan tiga kelas anggota. Statuta menyediakan 120 Knights dan Dames - Grand Cross (GCB), 295 Knights dan Dames - Komandan (KCB dan DCB) dan 1.455 Sahabat/Companion (CB).

Nama Ordo sendiri lahir terlambat (di tengah perjalanan). Itu muncul dari ritual mencuci (terinspirasi permandian baptis), simbol pemurnian spiritual, yang membentuk bagian dari persiapan seseorang menjelang penganugerahan ksatria.

Kehormatan itu tidak diberikan sampai kandidat telah mempersiapkan diri dengan berbagai ritual yang dirancang untuk memurnikan batin dengan berpuasa, berjaga/waspada & berdoa, dan membersihkan diri (fisik) dengan mandi.

Penyebutan awal dalam dokumen resmi, setelah penobatan William I, dari upacara mandi saat penciptaan kesatria adalah pada saat Pangeran Geoffrey dari Anjou, berusia 15 tahun (kelak suami Mathilda) pada tahun 1128.

Pada penobatan Henry V di tahun 1413 'lima puluh pria muda gagah, calon ksatria dari Bath, mengikuti adat pergi ke pemandian yang disiapkan bergilir untuk mereka'.

Pada akhir abad kelima belas, banyak upacara ritual mulai menghilang, meskipun 'Knights of the Bath' masih dibuat pada penobatan - tukang emas pengadilan yang membuat 75 lencana untuk penobatan Charles II.

Orde itu dihidupkan kembali oleh George I tahun 1725 sebagai perintah militer reguler, untuk melayani tujuan Perdana Menteri pertama, Sir Robert Walpole, yang butuh sumber tambahan untuk hadiah politik.


Orde yang dihidupkan kembali terdiri dari Sovereign, Master besar dan 36 Knights sahabat/companion. Undang-undang George I menyatakan bahwa: "Saat terjadi perang di Eropa kami bertekad Realm ini harus berada dalam badan/postur pertahanan terhadap upaya musuh-musuh kami, Kami dengan ini menahbiskan bahwa sejak sekarang setiap Companion (sahabat) dari Orde Militer saat terjadi bahaya invasi musuh asing atau dari pemberontakan dalam negeri wajib menjaga dengan biaya sendiri empat pria-di-tangan sejumlah hari dimana Sovereign harus berpikir tepat. "

Pada tahun 1815, di akhir Perang Napoleon, Bupati Pangeran (kelak menjadi George IV) menciptakan dua divisi, militer dan sipil, dan Ordo diperluas - menyebabkan kontroversi
saat itu karena beberapa orang berpikir perluasan itu membuat Ordo menjadi tidak berharga . Ritus mandi, berjaga dan lain-lain secara resmi dihapuskan.


Pemasangan pertama dari ksatria setelah kebangkitan Ordo terjadi pada tahun 1825 di kapel Henry VII, Westminster Abbey, yang telah terpilih sebagai Kapel Ordo.

Acara mandi tidak disertakan atau bukan adat kebiasaan, yang termasuk adalah berjaga dan puasa.

Sejak itu, pelayanan pemasangan Knights dan Dames Grand Cross dilakukan di kapel Henry VII. Total, 34 Ksatria Salib Agung senior diabadikan di Kapel.

Di atas ini digantung standar ksatria dan lempengan pakaian (armor) mereka ditempelkan di kios-kios. Lempengan ksatria masa lalu dapat dilihat melekat pada kios-kios, dan di antaranya terdapat Lord Nelson.

Bintang ksatria militer dan Dames Grand Cross terdiri dari sinar perak, yang diperkuat/dicharge dengan delapan-penjuru salib (Malta).

Motto: Tria Juncta di uno (Tiga bergabung dalam satu)
Chapel: Sebuah kapel di Westminster Abbey
Peringkat: Knight / Dame - Grand Cross, Knight / Dame - Commander dan Companion
Post-nominals: GCB, KCB / DCB dan CB
Didirikan: 1725


Alih bahasa dari link/situs: http://www.royal.gov.uk/MonarchUK/Honours/OrderoftheBath.aspx

Tidak ada komentar: